Katarak

Cataract with a clouded lensApa itu katarak?

Katarak berarti kekeruhan pada lensa mata. Hal ini terjadi seiring dengan bertambahnya usia, namun dapat terjadi lebih cepat pada beberapa orang (misalnya pada penderita diabetes, pasien yang menggunakan obat steroid jangka panjang).

Bagaimana cara mengetahui kalau saya memiliki katarak?

Pasien dapat merasakan bahwa penglihatan menjadi kabur secara perlahan dan tanpa rasa sakit. Salah satu mata dapat memiliki tingkat keparahan yang berbeda dibandingkan mata yang lain. Beberapa orang dapat juga mengalami rasa silau, penglihatan yang semakin redup, serta hilangnya kecerahan warna.

 

Apakah katarak dapat dicegah?

Tidak ada hal yang terbukti dapat mencegah katarak yang disebabkan usia. Namun, mengurangi paparan sinar matahari (sinar ultraviolet) dapat memperlambat progresi katarak.

Apa yang terjadi jika saya membiarkan katarak saya tidak diobati?

Katarak menyebabkan kelihatan penglihatan secara bertahap dan pada akhirnya kebutaan, jika tidak diobati. Dalam situasi yang jarang, katarak dapat mengakibatkan peningkatan mendadak tekanan di dalam mata sehingga menyebabkan nyeri mata yang berat.

 

Perawatan apa saja yang tersedia untuk katarak?

Katarak stadium dini dapat cukup diobservasi, dan pasien biasanya diberikan kacamata untuk membantu penglihatan. Saat katarak memengaruhi penglihatan secara signifikan, pengangkatan lensa melalui pembedahan (operasi pengangkatan katarak) adalah perawatan yang paling tepat.

Kapan sebaiknya katarak diangkat?

Operasi katarak direkomendasikan saat kaburnya penglihatan mengganggu aktivitas sehari-hari.

 

Bagaimana operasi katarak dilakukan?

Cataract surgeryOperasi katarak akan mengangkat lensa berkatarak dan menggantinya dengan lensa artifisial dalam mata (intraocular lens/IOL) yang memiliki koreksi penglihatan.

Bentuk operasi katarak yang paling lazim dilakukan adalah fakoemulsifikasi. Prosedur ini menggunakan energi ultrasonik untuk melembutkan lensa, dan dapat dilakukan cukup dengan anestesi lokal.

Pada beberapa situasi dimana pasien memiliki katarak stadium lanjut, pasien dapat dibedah dengan prosedur Extracapsular Cataract Extraction (ECCE). Operasi ini membutuhkan insisi yang lebih besar dan jahitan untuk menutup lukanya sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Penyembuhan juga akan membutuhkan waktu lebih lama karena jahitan perlu dilepas dalam waktu satu hingga dua bulan setelah pembedahan.

Operasi katarak selesai pada hari yang sama. Pasien biasanya dipulangkan pada hari yang sama, beberapa jam setelah operasi. Pasien akan diberi obat tetes mata dan akan diperiksa pada satu hari, satu minggu, dan satu bulan setelah operasi.

Setelah operasi, pasien diberikan penutup mata yang akan digunakan saat tidur. Pasien disarankan agar tidak mengucek mata dan menjaga mata yang dioperasi tetap kering dan bersih.

Informasi apa sajakah yang dibutuhkan ahli bedah saya dari saya?

  1. Anda HARUS memberitahu ahli bedah jika anda pernah mendapatkan operasi refraktif laser (misalnya LASIK, PRK, epi-LASIK, SMILE) sebelumnya. Harap bawa catatan/rekaman dari perawatan sebelumnya. Informasi ini sangat penting dalam menentukan perhitungan lensa IOL yang akurat.
  2. Anda harus menghentikan pemakaian lensa kontak (paling sedikitnya satu minggu untuk lensa lunak/soft lens dan paling sedikitnya dua minggu untuk lensa keras/hard lens) sebelum menjalani perhitungan IOL untuk perencanaan bedah.

 

Dapatkah operasi katarak dilakukan dengan laser?

cataract surgery done with laserPada Femtosecond Laser-Assisted Cataract Surgery (FLACS), sebuah laser presisi dapat menggantikan beberapa, namun tidak semua, langkah-langkah fakoemulsifikasi standar. Laser menciptakan sebuah celah di kantung depan lensa, dan melembutkan inti lensa. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan pada permukaan dalam kornea dan meningkatkan akurasi dari lokasi lensa intraokuler (IOL).

Prosedur laser akan dilakukan dengan alat berbeda, sebelum pasien lalu dipindah ke meja operasi untuk melanjutkan proses operasi katarak. Ahli bedah Anda akan mengevaluasi kecocokan Anda untuk prosedur ini.

Femtosecond laser-assisted cataract surgery (FLACS)

 

Apa perbedaan antara operasi katarak yang dibantu laser dengan LASIK?

LASIK mengobati kornea dan digunakan untuk mengoreksi gangguan refraksi seperti rabun jauh. LASIK tidak mengobati lensa mata ataupun katarak.

Apakah prosedur FLACS lebih aman dibandingkan fakoemulsifikasi biasa?

FLACS mengurangi rerata energi ultrasonik yang digunakan dibandingkan dengan fakoemulsifikasi standar sebesar 4-8% sehingga dapat mengurangi kerusakan permukaan dalam kornea.

Namun, pada pasien dengan katarak biasa, mungkin tidak ada manfaat tambahan terhadap hasil yang dirasakan pasien, dan sebagian besar ahli bedah akan menggunakan fakoemulsifikasi standar dan hanya memilih laser Femtosecond jika kondisi mata pasien benar-benar membutuhkannya.

Dibandingkan dengan fakoemulsifikasi standar, apakah saya akan melihat dengan lebih baik setelah FLACS?

Banyak riset telah dilakukan dan menunjukkan bahwa hasil visual dan tingkat kesuksesan dengan menggunakan FLACS tidak lebih baik dari fakoemulsifikasi standar.

Apakah risiko FLACS?

Risiko mencakup pembukaan yang tidak lengkap pada kantung depan lensa, yang meningkatkan risiko kantung belakang lensa robek dan memengaruhi penempatan IOL. Setelah operasi, mungkin terdapat bengkak di belakang mata (macula edema) atau tekanan bola mata tinggi.

Untuk siapa sajakah prosedur FLACS?

FLACS dapat bermanfaat pada pasien dengan kornea yang tidak terlalu sehat; saat ini FLACS bukanlah prosedur standar pada seluruh operasi katarak.

Untuk menjadwalkan janji temu atau untuk mengetahui lebih lanjut tentang operasi katarak, silakan hubungi 6777 6058. Atau silakan kirimkan pertanyaan kepada kami.

WhatsApp chat